Perlengkapan Alat Kesehatan dari Tiongkok Tiba di Natuna

Institusi militer kebanggaan Indonesia yaitu TNI (Tentara Nasional Indonesia) melalui siaran persnya yang dikeluarkan oleh Pusat Penerangan TNI Mabes TNI mengumumkan bahwa pada 22/03, pesawat Hercules C-130 yang membawa alat kesehatan dari Tiongkok telah mendarat di Lanud Raden Sadjad, Natuna, Kepulauan Riau.

Pesawat C-130 Hercules A-1333 milik TNI (Tentara Nasional Indonesia) diketahui telah tiba kembali di Indonesia dengan membawa sekitar 12 (dua belas) ton perlengkapan atau peralatan kesehatan seperti N95 masks, protective clothing, disposable masks, shoe covers, gloves, infrared thermometer, dan surgical caps, dimana sejumlah peralatan tersebut sangat diperlukan dalam rangka upaya penanggulangan virus corona (COVID-19).

Secara teknis, pesawat Hercules yang nama lengkapnya Lockheed Martin C-130 Hercules itu cocok dipakai dalam membawa peralatan dalam jumlah besar dan berat karena sudah dikenal sebagai pesawat angkut militer di banyak negara di dunia. Pesawat yang memiliki 4 (empat) mesin turboprop sayap tinggi itu pun mampu mendarat dan lepas landas pada runway yang pendek.

Sesaat setelah melakukan pendaratan di Lanud Raden Sadjad, Natuna, Kepulauan Riau, pada hari Minggu (22/3), seluruh kru pesawat yang berjumlah 21 (dua puluh satu) personil diharuskan disemprot atau disterilisasi dengan cairan desinfektan dengan memakai baju APD (Alat Pelindung Diri). Rencananya, pada Senin pagi (23/03), pesawat Hercules C-130 akan melanjutkan penerbangannya menuju Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Keberhasilan TNI membawa peralatan medis itu dengan menggunakan pesawat milik TNI AU tersebut merupakan buah kerja sama G to G antara Pemerintah RI dengan Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok dimana pemanfaatan pesawat itu merupakan instruksi Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, kepada Panglima TNI guna memberikan dukungan kepada pemerintah dalam rangka proses penanggulangan virus corona (COVID-19) di Indonesia.

Hercules C-130
LihatTutupKomentar